Saturday 11 April 2015

Definisi Masyarakat

·         Paul B. Horton : Masyarakat adalah sekumpulan manusia yang secara relatif mandiri, yang hidup bersama-sama cukup lama, yang mendiami suatu wilayah tertentu, memiliki kebudayaan yang sama dan melakukan sebagian besar kegiatan dalam kelompok itu.

·         Maclever dan Page : masyarakat adalah suatu sistem kebiasaan dan tata cara dari wewenang dan kerjasama antara berbagai kelompok dan penggolongan dan pengawasan tingkah laku serta kebebasan-kebebasan manusia.  masyarakat merupakan keseluruhan jalinan sosial dan masyarakat selalu berubah.

·         Emile Durkehim : Masyarakat adalah sistem sosial, yaitu sebagai organisme yang terdiri atas bagian-bagian yang saling bergantung karena memiliki fungsinya masing-masing dalam keseluruhan. Bagian-bagian yang dimaksud, menurut Emile Durkheim merupakan suatu kenyataan objektif individu-individu yang merupakan anggota-anggotanya.

·         Ralph Linton : masyarakat merupakan kelompok manusia yang  telah hidup dan berkerja bersama cukup lama sehingga mereka dapat mengatur diri mereka dan menganggap diri mereka sebagai satu kesatuan sosial dengan batas-batas yang dirumuskan dengan jelas.

·         Selo Soemadjan : Masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan.

·         Trisna Nurdiaman : Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang berupaya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya melalui proses interaksi sosial yang diatur oleh pola-pola kulutral (nilai dan norma) tertentu yang telah disepakati bersama.

·         Soerjono Soekanto merumuskan definisi masyarakat menjadi sebagai berikut :
1)      Masyarakat merupakan manusia yang hidup bersama,
2)      Bercampur untuk waktu yang cukup lama,
3)      Mereka sadar merupakan satu kesatuan
4)      Mereka merupakan suatu sistem hidup bersama.

0 comments:

Post a Comment